Senin, 20 Juni 2011

Cara Perawatan Media Baglog Jamur


Jamur Bisa tumbuh dengan bagus & sempurna· kalau memenuhi tiga unsur :
  1. Kelembapan··· kisaran (95% - 100%) alat ukur Higrometer.
  2. Udara.
  3. Suhu Ruangan 22-24 Drajat Alat ukur thermometer. Apabila ada kekurangan salah satu dari ke3 unsur tersebut maka berakibat sebagai berikut : Misalnya :
  1. Ruangan Kurang udara maka tangkai jamur lebih panjang· dari daun ·jamur bisa – bisa ·bisa naik keatas seperti (Terompet).
Cara mengatasinya = Buka sedikit penutup samping rumah jamur/(Kumbung Jamur) biar udara bisa masuk.
  1. Apabila suhu ruangan terlalu panas maka Jamur masih kecil akan kering dan mati serta biasanya daun jamur bisa berwarna kuning kekeringan· & pertumbuhan jamur bisa kurang normal.
Cara mengatasinya = Lakukan penyemprotan dengan air (dikabut Halus) seluruh ruangan baik atas, bawah, samping dinding + Media intinya seluruh ruangan harus di semprot bertujuan biar suhu ruangan bisa turun sampai 24-25 Drajat. Di usahakan suhu didalam ruangan tidak panas. Apabila ujung daun jamur masih tetap kuning tempat kumbung jamur harus di adakan penambahan seperti : depan, samping atau belakang kumbung jamur dibuatkan teras/tritis bertujuan udara atau suhu ruangan ·luar tidak panas. Sebelum melakukan penyemprotan sebaiknya ·jamur di panen dulu
Catatan : cara menyemprot air jangan sampai masuk di depan Media baglog (Lubang cincin) karena bisa mengakibatkan media baglog cepat busuk dan rusak. Apabila menjumpai kadar air terlalu banyak di depan Media Baglog harus cepat di keluarkan airnya dengan cara di miringkan Media tersebut bertujuan biar airnya keluar dari media tersebut.
  1. Apabila kelembapan tanah / ruangan terlalu tinggi maka berakibat :
Biasanya Jamur terlalu basah & Media bisa gampang busuk dan rusak.
Cara menggatasinya = Kurangi perlakuan penyemprotan ruangan. Cukup tanahnya saja yang di siram.
Cara Memanen Jamur :
  1. Usahakan pakai pisau yg tidak berkarat yang bagus pakai pisau (Steenlis steel). Karena Jamur untuk di konsumsi manusia. Jika pakai pisau yg berkarat bisa berbahaya buat anggota tubuh.
  2. biarkan jamur agak besar akan tetapi tidak besar dan terlalu tua ( Dengan cirri – ciri lubang tengah di daun jamur sudah hilang. Sebab kalau jamur sudah tua kalau tidak di panen besoknya daun jamur bisa Layu dan sudak rusak membusuk.
  3. Ambil sampai akar tangkai jamur ikut keluar jangan sampai akar tangkai jamur ketinggalan di dalam Media Baglog. Sebab kalau ada tangkai jamur yang ketinggalan akan menyebabkan busuk dan media baglog bisa rusak, di samping itu juga bisa menghambat pertumbuhan jamur yang kedua dan seterusnya.
  4. Perlakuan membuka Belakang Media Baglog seharusnya tunggu setelah panen ke 2 atau ke3 biarkan pertumbuhan Missilium jamur maksimal terlebih dahulu (Warna putih di Media Baglog). Sebab apabila terlalu cepat dibuka belakang kalau pertumbuhan Missilium jamur kurang maksimal maka jamur bisa keluar (Ulat /set/Belatung).
  5. Sehabis Panen Potong ujung tangkai jamur yg kotor.
  6. Hasil panen jamur taruh didalam kranjang dan di simpan di tempat yg sejuk jangan di tempat yang panas. Bisa berakibat daun jamur kuning. Letakan di dalam ruangan kumbung jamur di atas tanah di kasih alas sedikit.
  7. Usahakan di dalam ruangan kumbung jamur selalu di jaga kebersihanya.
Demikian sedikit petunjuk dari kami apabila ada ketidak kurang pahaman atau kurang jelas bisa langsung aja Konsultasi ke kami· Gratiiiiissss :
Salam SUKSESS Petani Jamur sejagat raya
Produksi " Jamur Kayu Mas"

Tidak ada komentar: